Senin, 12 Desember 2016

Masyarakat Sejahterah dengan Dana Desa

Masyarakat Sejahtera dengan Dana Desa
Apa itu dana desa ?
Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kabupaten/kota dan digunakan untuk mendanai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.
Apakah masyarakat desa sudah sejahterah dari dana desa ?
Bila kita lihat kenyataanya sekarang, masih banyak desa yang belum sejahtera, atau bisa dikatakan kesejahteraan masyarakat desa di Indonesisa belum merata meskipun pemerintah telah memberikan dana desa. Mengerucut pada kesejahteraan antar desa Berdasarkan Indeks desa membangun dari Kementerian Desa PDTT pada tahun 2014 ada 74.045 jumlah Desa di Indonesia,  dari jumlah tersebut 18% desa masuk kategori desa sangat tertinggal, 46% masuk dalam kategori desa tertinggal, 31% desa masuk kategori desa berkembang, dan 5% desa masuk kategori desa mandiri, dan hanya 0% desa yang termasuk desa maju. Hal tersebut bisa membuktikan bahwa kesejahteraan masyarakat desa di Indonesia masih belum merata.
Hal itu dikarenakan pemanfaatan dana yang diperuntukkan bagi pelaksanaan program-program pengentasan kemiskinan dan pembangunan infrastruktur desa berjalan tidak efektif. Dengan begitu, daerah-daerah tidak menikmati program pemerintah yang produktif. Penyalahgunaan dana desa juga terjadi dikarenakan beberapa faktor seperti Desa belum siap mengelola dana tersebut dan pemerintah desa yang tidak transparan dan akuntabel. Disamping itu, masih banyak kasus tentang pemanfaatan dana desa yang tidak tepat sasaran seperti terjadi korupsi dana desa yang dilakukan oleh pemerintah desa, dana desa tidak digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa namun justru untuk mementingkan kepentingan pribadinya.
Apa yang harus dilakukan ?
Pertama, pemerintah desa harus memiliki karakter yang baik. Bersikap jujur sebagai syarat wajib, amanah dalam mengemban tugas dan memiliki niat yang ikhlas untuk membawa masyarakat desa menuju kehidupan yang sejahtera yakni Tidak kekurangan kebutuhan dasar, tidak ada tindakan kriminal, hidup damai dan gotong royong serta bebas dari pengangguran.
Kedua, kepala desa harus menerapkan fungsi managemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan untuk mengatur desanya supaya lebih maju.
Ketiga, Pemerintah desa harus menggunakan dana desa dengan sebaik-baiknya. dana-dana tersebut harus dimaksimalkan untuk beberapa tujuan yang menguntungkan perkembangan desa. Prioritas penggunaan dana desa harus memenuhi empat prioritas utama yaitu pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.
Keempat, pemerintah desa harus mengelola anggaran desa dengan trasparan dan akuntable. Semua pembiayaan kegiatan desa harus dilakukan secara transparan dengan membuat laporan keuangan secara terbuka kepada warga setempat. Dengan begitu, maka anggaran dari pemerintah pusat dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan tidak terjadi kecurigaan.
Kelima, penggunaan dana desa harus ada pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat melalui badan permusyawaratan desa (BPD) dan pemerintah kabupaten/kota. BPD harus menjalankan perannya secara sungguh-sungguh agar dana desa tepat sasaran.
Keenam, Pemerintah dan mayarakat harus saling melengkapi. Keberhasilan pelaksanaan pembangunan masyarakat sangat tergantung pada peranan pemerintah dan masyarakatnya. Tanpa melibatkan masyatakat, pemerintah tidak akan mencapai hasil pembangunan secara optimal.
Siapa yang akan membawa masyarakat desa di Indonesia lebih sejahterah ?
KITA GENERASI MUDA. Kitalah yang akan membawa masyarakat desa di Indonesia lebih sejahtera. Keberadaan Desa di Indonesia saat ini sangat membutuhkan peranan KITA , Negara membutuhkan peranan pemuda yang mau mengkontribusikan diri untuk pembangunan nasional, sebab keterlibatan KITA sebagai pemuda lah generasi penerus yang akan menggantikan generasi sebelumnya, kualitas pemuda sangat menentukan hidup dan mati, maju-mundur, jaya-hancur, sejahtera atau sengsaranya suatu pedesaan  pada masa yang akan datang. Maka dari itu, kita harus membentuk karakter baik dan senantiasa mendekatkan diri pada tuhan agar menjadi generasi muda yang berkualitas. Aamiin…....
 #SadarAPBN #KemenkeuTerpercaya



11 komentar:

  1. Kita penerus bangsa ya sel... 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. haaaa... iya nif. mangkane sekolah seng bener

      Hapus
  2. saya sangat mendukung program pemerintah ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali, semoga masyarakat desa semakin sejahtera

      Hapus
  3. Sebagai generasi muda, kita harus cerdas manfaatkan globalisasi guna membangun negeri, jangan sampai mental & karakter rusak gara gara globalisasi.

    Nice post gan! :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat sekali. Kita harus memanfaatkan peluang globalisasi bukan menjadi ancaman krn globalisasi...

      Hapus